Wisata Puncak Rembangan (Rembangan Hill)

Wisata Puncak Rembangan (Rembangan Hill)

Wisata Puncak Rembangan (Rembangan Hill)
Wisata Puncak Rembangan - Jika di kawasan ibu kota terdapat kawasan Puncak Bogor, maka Kota Jember mempunyai kawasan puncak tersendiri yaitu Puncak Rembangan. Kawasan Puncak Rembangan berada di wilayah Kota Jember bagian Utara tepatnya di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa. Bagi Sobat yang ingin menikmati indahnya hamparan persawahan dibalut dengan hawa sejuk pegunungan, blusukan ke Puncak Rembangan adalah tempatnya.

Wisata Puncak Rembangan (Rembangan Hill)
Puncak Rembangan yang berada di ketinggian 650 meter (2,130 ft) di atas permukaan laut ini menyajikan beberapa landscape yang bisa Sobat nikmati sepanjang perjalanan menuju puncak. Terdapat beberapa perkebunan kopi di sisi kiri dan kanan menuju ke arah Puncak Rembangan. Bagi Sobat penikmat buah durian, di daerah Rembangan ini juga terdapat kebun durian yang akan ramai di kunjungi pada musim durian oleh wisatawan para penikmat durian. Terdapat pula perkebunan buah naga (dragon fruit) sebelum pintu masuk menuju Rembangan. Sobat bisa memilih dan memetik sendiri buah naga, durian, maupun kopi sesuai dengan musim buah-buah tersebut.

Wisata Puncak Rembangan (Rembangan Hill)
Terdapat beberapa lokasi yang menarik bagi Sobat pecinta seni dan pecinta alam. Yang pertama adalah Kafe Payung terbalik yang bisa sobat kunjungi pada saat sobat menuju ke jalur Puncak Rembangan. Kafe ini terletak di sebuah bukit dipinggir jalan menuju Puncak Rembagan. Lanscape Kota Jember bisa juga Sobat nikmati saat mampir di Kafe Tikungan. Kafe ini lokasinya tepat di depan Kantor Desa Kemuning Lor. Selanjutnya, bagi Sobat yang ingin tahu proses pengolahan susu sapi alami bisa juga dijumpai di kawasan Puncak Rembangan ini. Mulai dari perawatan sapi, fertilisasi hingga pengepakan susu bisa sobat nikmati di sini. Lanjut bagi Sobat pecinta alam, bisa Sobat kunjungi Air Terjun Gunung Rayap. Kawasan ini berada di sebelah barat Puncak Rembangan tepatnya berada di perkebunan kopi Gunung Rayap. 


Wisata Puncak Rembangan (Rembangan Hill)
Terdapat pula perkebunan bunga sebelum Sobat masuk ke kawasan Puncak Rembangan. Ada beberapa jenis bunga yang di budidayakan disini, seperti mawar, anggrek, bunga ertas dan masih banyak jenis bunga lainnya.

Di Puncak Rembangan terdapat hotel yang dibangun pada masa kolonial Belanda. Hotel berkamar 41 ini memiliki kolam renang dan kebun yang dipakai untuk beristirahat dan rekreasi. Hotel ini menyediakan akomodasi bagi wisatawan dan ruang konferensi, seminar, dan lokakarya. Fasilitas lainnya meliputi kolam pemandian dari sumber air pegunungan. 

Wisata Puncak Rembangan (Rembangan Hill)
Bagi Sobat pecinta olah raga pemacu adrenaline, bisa Sobat coba olahraga Downhill yang lokasinya berada di pegunungan yang berada di balik hotel di Puncak Rebangan ini. 

Wisata Puncak Rembangan (Rembangan Hill)
 
Track Downhill ini sebenarnya adalah jalur menuju lokasi perkebunan durian milik warga. Jadi sambil adventuring juga bisa hunting durian nantinya. Kawasan Puncak Rembangan akan sangat terasa indahnya bila malam telah tiba. Gemerlap Kota Jember akan terlihat jelas di sebelah selatan. Nongkrong di Kafe Payung terbalik atau Kafe Tikungan adalah lokasi terbaik untuk menikmati malam di kawasan Puncak Rembangan ini. 

Kawasan Puncak Rembangan yang berada di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember ini bisa ditempuh melalui jalur darat menggunakan kendaraan pribadi seperti motor, mobil ataupun bus sekitar 12 km arah utara Kota Jember. Bagi Sobat yang menggunakan kendaraan umum juga bisa melanjutkan ke arah Puncak Rembangan dengan menyewa ojek yang biasa mangkal di sekitaran Jl. Slamet Riyadi Jember.
blusukan jember
Terdapat dua jalur yang biasanya dilalui jika Sobat ingin blusukan ke Kawasan Puncak Rembangan. Yang pertama adalah jalur Kreongan-Patrang yang lokasinya searah dengan jalan ke RSUD Dr, Soebandi Jember.
blusukan jember
Kemudian menuju ke arah utara ke Kantor Kecamatan Patrang. Atau juga bisa melaui jalur ke dua yaitu jalur Arjasa-Baratan. Setelah pangkalan ojek di Jalan Selmaet Riyadi ada jalur ke utara melaui perlintasan rel kereta api.
blusukan jember
Kemudian sobat tinggal ikuti arah kiri ke utara. Jalur ini nantiya akan searah dengan jalur yang pertama karna satu jalur menuju wisata Puncak Rembangan.
blusukan jember
Jalur ke kanan ini adalah jalur menuju Wisata Puncak Rembangan dan jalur yang ke kiri adalah jalur menuju Air Terjun Gunung Rayap yang berada di Perkebunan kopi Gunung Rayap Jember.
 

Harga Tiket Masuk
Harga Tiket Parkir
Fasilitas


Pengelola
Telepon
: ± Rp 7.000,-
: Motor Rp 5.000,-       Mobil Rp 10.000,-
: Hotel dan Penginapan, Kolam Renang, Tempat  
  Parkir, Restoran, Rumah Makan, Tempat Ibadah,
  Toilet
-
( 0331 ) 420273

Previous Post Next Post